Apr 21, 2010

Tugas TIK. Naskah Pidato!!

Peranan Muslim dan Muslimah Dalam Menghadapi Era Globalisasi

Assalamu’alaikum wr.wb
Yang terhormat guru bidang studi Bahasa Indonesia, Ibu Tika Susmayanti. Dan teman-teman sekalian yang saya cintai.

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah swt karena dengan rahmat dan kasih sayang-Nya, kita dapat berkumpul bersama di tempat ini. Seperti yang lain, pidato saya hari ini mengangkat tema tentang “Peranan Muslim dan Mulimah Dalam Meghadapi Era Globalisasi”.

Globalisasi dapat diartikan sebagai proses masuknya unsur-unsur baru, khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia malalui media cetak dan elektronik. Lalu kita khususnya, sebagai muslim dan muslimah mau tak mau pasti akan masuk dan menghadapi era globalisasi. Dan dengan banyaknya informasi yang masuk, pasti akan ada dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan. Oleh karena itu, kita harus senantiasa siap dalam manghadapinya.

Pertama mungkin, dengan menyaring informasi-informasi yang didapatkan. Pada era ini, berita apapun dapat masuk dan tersebar secara cepat dengan teknologi internet (misalnya). Dan untuk mencegah dampak negatifnya kita harus lebih menyaring informasi tersebut, sehingga kita tidak mudah termakan dengan berita-berita yang dapat dikatakan “omong kosong”.

Kedua, dengan meningkatkan rasa nasionalisme. Dengan begitu, budaya-budaya kita tetap terjaga dan kita tidak terkena pengaruh negatif budaya luar.

Ketiga, kita sebagai pelajar muslim juga harus meningkatkan kualitas diri, agar kita sebagai muslim tidak kalah bersaing dengan orang-orang non-muslim yang kebanyakan sekarang memegang peranan besar dalam era globalisasi juga teknologi informasi.

Keempat dan terakhir, yaitu dengan meningkatkan kualitas iman. Sehingga, iman kita tetap terjaga kuat dan tidak mudah goyah. Ini merupakan point terpenting karena kita sebagai muslim sudah seharusnya menjaga keimanan kita, agar tidak pudar oleh pengaruh-pengaruh negatif globalisasi.

Demikian pidato saya yang berisi beberapa peranan untuk kita sebagai muslim dan muslimah dalam menghadapi era globalisasi. Mohon maaf jika ada kesalahan. Karena manusia tidak ada yang sempurna dan begitu pula saya. Juga karena kesempurnaan hanya milik Allah swt. Terimakasih atas perhatiannya. Wassalamu’alaikum wr.wb.


Image and video hosting by TinyPic

1 comment:

 
Blog Design by Pai