Jun 15, 2009

Dubai





Heyhey..

Semalem sekitar jam 11.00 gw ng-eliat Discovery Channel, nama acaranya Impossible City. Jadi itu acara tentang Impossible City (yaiyalah org judulnya aja gitu), nah impossible City –nya itu Dubai. Hoho,, tau gak?? 2 jam nongkrongin tuh channel kagum banget gw ama tu Dubai. Emang sih udah banyak berita tentang tuh kota yang katanya keren banget…tapi yaa..

Trus-trus,, diliatin deh satu-satu proyek-proyek keren yang ada di Dubai. Mulai dari yang udah jadi,, ituu ada The Palm, Chillout Ice Bar, The World, Ski Dubai, Dubai Underground, Burj Al Arab Luxury Hotel, -14 dan banyak lagi yang lain, yang gw lupa sangking banyaknya.. Jujur gw paling suka sama The Palm. Banyangin aja tuh arsiteknya, manusia bikin Pulau di deket laut, yang bentuknya pohon Palem lagih. Trus bikinnya gak Cuma satu, tapi sampe 3 biji..hoho..waaw..

Trus ada lagi pengikutnya The Palm, The World. Bedanya kalo The Palm bentuknya pohon Palm, kalo The World bentuknya pohon world..haha, ya nggak lah bentuknya tuh kayak Globe di bentangin. Jadi disitu ada pulau-pulau yang ngebentuk replika benua-benua, ahh ribet ya.. ngebuatnya tuh ribet banget, pasirnya harus pasir asli dari bawah laut yang pada di gerokin (kata-katanya gak enak banget), trus itu benua dikelilingin ama tumpukan batu buat ngecegah ombak yang besar.

The World


Benua udah, ada lagi Burj Al Arab Luxury Hotel. Selesai dibangun tahun 1999, itu hotel katanya sih, hotel paling keren di Dubai. Dilihat bentuk bangunannya aja keren, trus view nya langsung ke pantai. Siip dah..

Ngebayangin kata “Dubai” pasti gak jauh-jauh dari gurun pasir.. haha.. itu sih pandangan gw. Ternyata disitu juga ada Es.. namanya Chillout Ice Bar. Restoran yang semuanya dari ess. Tempat duduk, hiasan lampu, meja, dinding ampe lantai nya, semuanya es. Itu Bar ada di dalam kayak sebuah mol gitu, jadi org di luar bisa ngeliat es-es yang ada di dalam itu bar.. gitu lhoo.. Masuk kesana harus pake baju khusus. Kalau nggak, mati deh sana kedinginan, suhunya sekitar (minus) -6o Celcius. Brrr…

Gak cuma Bar, ada juga “Ski Dubai”… Lapangan ski buatan terluas di dunia. Kira-kira luasnya sekitar 5 kali lapangan Sepakbola.. waw..funtastic..

Ski dubai


Itu baru yang udah jadi, dan yang gw inget..Masih ada yang belum jadi, dan masih dibikin. Ada Burj Dubai, gedung pencakar langit tertinggi di dunia.. lupa gw tingginya berapa yang pasti tinggiii bangettt!!! Dan rencananya itu gedung bakal jadi sekitar bulan September 2009. Ada lagi Gedung yang setiap lantainya berputar (kalau diliat kayak lgi nari gitu lho), hoho.. itu gedung pake tenaga surya, keren yah…. Muter kira-kira 360o per Jam..dan mungkin bakalan selesai sekitar tahun 2012 nanti..

Burj Dubai


Hoooooo.. dubai berubah drastis, dari tahun 1999 sampai tahun 2009.. Dubai itu kota icon masa depan, tempat dimana para arsitektur yang punya imajinasi “gila”, mungkin bisa mewujutkan imajinasi nya itu.. kota yang membuat sesuatu yang nggak mungkin jadi mungkin aja..hoo..tau siapa dalang dari bangunan-bangunan keren di Dubai itu?? Namanya Syech Mohammad bin…………. Dia itu pengusaha sukses yang kaya berat. Tapi gw agak kecewa, si Syech itu bukannya hartanya digunain untuk sesuatu yang lebih berguna, malah berfoya-foya..hohoho…tapi by the way anyway busway, kalau ada yang mau ngebayarin gw ke Dubai boleh tuhh… kasih tau aja..okeh.. ;P wkwkwkwkwk…

Dubai 1980

Dubai Sekarang


No comments:

Post a Comment

 
Blog Design by Pai